Postingan

Menampilkan postingan dari 2010

Keutamaan Bulan Muharram dan Hari Asyura

Gambar
Muharram adalah bulan di mana umat Islam mengawali tahun kalender Hijriah berdasarkan peredaran bulan. Muharram menjadi salah satu dari empat bulan suci yang tersebut dalam Al-Quran. "Jumlah bulan menurut Allah adalah dua belas bulan, tersebut dalam Kitab Allah pada hari Dia menciptakan langit dan bumi. Di antara kedua belas bulan itu ada empat bulan yang disucikan."Keempat bulan itu adalah, Zulqaidah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab. Semua ahli tafsir Al-Quran sepakat dengan hal ini karena Rasululullah Saw dalam haji kesempatan haji terakhirnya mendeklarasikan, "Satu tahun terdiri dari dua belas bulan, empat di antaranya adalah bulan suci. Tiga di antaranya berurutan yaitu Zulqaidah, Zulhijjah, Muharram dan ke empat adalah bulan Rajab."Selain keempat bulan khusus itu, bukan berarti bulan-bulan lainnya tidak memiliki keutamaan, karena masih ada bulan Ramadhan yang diakui sebagai bulan paling suci dalam satu satu tahun. Keempat bulan tersebut

shalat wajib menurut 4 mazhab

Shalat merupakan rukun kedua dari lima rukun Islam. Umat Islam sepakat bahwa menjalankan ibadah shalat 5 waktu (subuh, dhuhur, ashar, maghrib, dan isya’) adalah kewajiban. Tapi ternyata banyak perbedaan dalam menjalankan ibadah shalat, meskipun hukumnya sama-sama wajib. Dari dulu aku sering bingung (dan dilanjutkan bengong) atas perbedaan-perbedaan shalat umat Islam. Tapi kebingunganku sekarang jadi sedikit tercerahkan. Makashii banget buat pak nurul yakin atas tugasnya untuk membandingan pendapat 4 mazhab tentang shalat wajib. Ini ringkasan tugas yang aku kerjain bareng temen-temen sekelompok : Isi : Semua orang Islam sepakat bahwa orang yang menentang kewajiban shalat wajib lima waktu atau meragukannya, ia bukan termasuk orang Islam, sekalipun ia mengucapkan syahadat , karena shalat termasuk salah satu rukun Islam. (Mughniyah; 2001) Para ulama mazhab berbeda pendapat tentang hukum orang yang meninggalkan shalat karena malas dan meremehkan, dan ia meyakini bahwa sha

SHALAT JAMA’ DAN QASHAR

Gambar
Shalat jama’ maksudnya melaksanakan dua shalat wajib dalam satu waktu. Seperti melakukan shalat Dzuhur dan shalat Ashar di waktu Dzuhur dan itu dinamakan Jama’ Taqdim, atau melakukannya di waktu Ashar dan dinamakan Jama’ Takhir. Dan melaksanakan shalat Magrib dan shalat Isya’ bersamaan di waktu Magrib atau melaksanakannya di waktu Isya’. Jadi shalat yang boleh dijama’ adalah semua shalat Fardhu kecuali shalat Shubuh. Shalat shubuh harus dilakukan pada waktunya, tidak boleh dijama’ dengan shalat Isya’ atau shalat Dhuhur. Sedangkan shalat Qashar maksudnya meringkas shalat yang empat rakaat menjadi dua rakaat. Seperti shalat Dhuhur, Ashar dan Isya’. Sedangkan shalat Magrib dan shalat Shubuh tidak bisa diqashar. Shalat jama’ dan Qashar merupakan keringanan yang diberikan Allah , sebagaimana firman-Nya, ”Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, maka tidaklah mengapa kamu mengqashar shalatmu, (QS.Annisa; 101), Dan itu merupakan shadaqah (pemberian) dari Allah  yang disuruh

Al-Baqarah ayat 61-80

61 وَإِذْقُلْتُمْيَا مُوسَىلَننَّصْبِرَ عَلَىَطَعَامٍوَاحِدٍفَادْعُلَنَا رَبَّكَيُخْرِجْلَنَامِمَّاتُنبِتُالأَرْضُمِنبَقْلِهَاوَقِثَّآئِهَاوَفُومِهَاوَعَدَسِهَاوَبَصَلِهَاقَالَ أَتَسْتَبْدِلُونَالَّذِيهُوَأَدْنَىبِالَّذِيهُوَ خَيْرٌاهْبِطُواْمِصْراًفَإِنَّلَكُم مَّاسَأَلْتُمْوَضُرِبَتْعَلَيْهِمُالذِّلَّةُوَالْمَسْكَنَةُوَبَآؤُوْاْبِغَضَبٍمِّنَاللَّهِذَلِكَ بِأَنَّهُمْكَانُواْيَكْفُرُونَبِآيَاتِاللَّهِوَيَقْتُلُونَالنَّبِيِّينَبِغَيْرِالْحَقِّذَلِكَبِمَاعَصَواْ وَّكَانُواْيَعْتَدُونَ Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: `Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu, agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu: Sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya dan bawang merahnya`. Musa berkata: `Maukah kamu mengambil sesuatu yang rendah sebagai pengganti yang lebih baik? Pergilah kamu ke suatu kota, pasti kamu memperoleh

Al-Baqarah ayat 41-60

41 وَآمِنُواْبِمَاأَنزَلْتُمُصَدِّقاًلِّمَامَعَكُمْوَلاَتَكُونُواْأَوَّلَ كَافِرٍبِهِ وَلاَتَشْتَرُواْبِآيَاتِيثَمَناًقَلِيلاًوَإِيَّايَفَاتَّقُونِ Dan berimanlah kamu kepada apa yang telah Aku turunkan (Al quran) yang membenarkan apa yang ada padamu (Taurat), dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya, dan janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah, dan hanya kepada Akulah kamu harus bertakwa. (QS. 2:41) ::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul:: 42 وَلاَتَلْبِسُواْالْحَقَّبِالْبَاطِلِوَتَكْتُمُواْالْحَقَّوَأَنتُمْتَعْلَمُونَ Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu, sedang kamu mengetahui. (QS. 2:42) ::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::

Al-Baqarah ayat 21-40

21 يَاأَيُّهَاالنَّاسُاعْبُدُواْرَبَّكُمُالَّذِيخَلَقَكُمْوَالَّذِينَمِن قَبْلِكُمْلَعَلَّكُمْتَتَّقُونَ Hai manusia, sembahlah Tuhanmu Yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa. (QS. 2:21) ::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul:: 22 الَّذِيجَعَلَلَكُمُالأَرْضَفِرَاشاً وَالسَّمَاءبِنَاءوَأَنزَلَمِنَ السَّمَاءمَاءفَأَخْرَجَبِهِ مِنَالثَّمَرَاتِرِزْقاًلَّكُمْفَلاَتَجْعَلُواْلِلّهِأَندَاداًوَأَنتُمْتَعْلَمُونَ Dialah Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, pada hal kamu mengetahui. (QS. 2:22) ::Terjemahan:: ::Tafsir::